Sukses itu apa?!

Sukses..

Itu kata-kata yang sering hinggap didalam pikiran saya sejak beberapa waktu yang lalu. Kata yang hampir setiap hari meracau didalam kepala saya. Kata yang hampir selalu menjadi mimpi buruk dalam setiap tidur saya. Bukan, bukan berarti saya pesimis untuk sukses.. tidak, tidak sama sekali! Saya yakin saya bisa sukses. Yang menjadi pertanyaan saya selama ini adalah apasih sesungguhnya arti sukses itu sendiri? Kaya? Pintar? Masuk Universitas Negeri Terkemuka? Lalu dapat pekerjaan di perusahaan asing? Apa? Apaaaaaa?

Saya kemudian mencoba untuk googled ‘arti sukses’, dan omgoogle yang super baik hati itu menjawab satu pertanyaan saya dengan ribuan jawaban! Wow! Mulai dari pendapat orang-orang terkemuka di dunia, para motivator super, arti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendapat-pendapat para blogger pada web pribadi mereka, dan berbagai diskusi dalam berbagai macam forum. Saya juga mencoba mencari di twitter mengenai hal ini. Ada beberapa kata-kata yang saya suka dan diam-diam saya amini dalam hati.

Sukses itu...

Sukses itu bukan satu keadaan baik di masa depan, tapi urutan keadaan baik setiap hari.Mario Teguh

Sukses itu kolaborasi kemampuan berteman, berbagi dan bersyukur. -@mind_coach

Kesuksesan adalah kondisi pikiran. Kalau Anda mau sukses, mulailah berpikir bahwa kehidupan Anda adalah sebuah kesuksesan -@elliesutrisna

Sukses itu bukan pilihan, namun sebuah kewajiban. Karena kita dilahirkan sebagai pemenang. -@ipphoright

Tiga jalan untuk mencapai kesuksesan: Percaya diri, selalu jujur, bekerja keras dan tekun. -@mandirifiesta
 Move On! -@MoveOnVsGalau
Memang perjalanan sukses itu penuh dengan rintangan dan hambatan tapi ingatlah bahwa ketika sukses segalanya akan menjadi kisah cerita yg indah -@kata2bijak
Sebenernya sukses itu bukan di ukur dari besarnya materi/uang yang lo punya. Tapi berguna apa engganya hidup lo buat orang lain. -@DuniaKeras
Tak ada rahasia untuk menggapai suskes. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan. -@Tweetbijak
Orang Sukses itu, tentu telah melewati proses kegagalan yg panjang, SUKSES : SUKa Sama prosES nya.. -@axltwentynine
Parameter sukses untuk masing-masing orang itu berbeda sih. Nggak bisa dipukul rata. -@benzbara

Sukses itu adalah suatu titik disaat kita dapat mencapai apa kita cita-citakan. Angi Martian
 Butuh pengorbanan, bro! Anggi


Ya, begitulah kurang lebih definisi sukses yang saya temukan. Tapi inti yang bisa saya ambil adalah bahwa setiap orang mempunyai pemikiran dan standarisasi definisi tersendiri akan kesuksesan. Ada yang mengartikan bahwa kesuksesan itu ditunjukkan dari berapa banyak kekayaan materi yang kita miliki, hmmm.. ada pula yang mengartikan bahwa kesuksesan itu bisa dirasakan oleh orang yang cita-citanya dapat tercapai sesuai harapannya.

Menurut saya definisi sukses itu adalah saat dimana apa yang kita impikan, kita kejar dan kita raih. Disamping itu, dengan kesuksesan yang telah kita raih, kita dapat membahagiakan orang-orang disekeliling kita, terutama kedua orang. Membuat mereka tersenyum bangga melihat kita dari kejauhan dan mengangguk sendu disertai tangis kebahagiaan..



Life isn’t about waiting for the storm to pass, it’s about learning how to dance in the rain. –Oprah Winfrey