Objek Wisata Banten Lama

Hai hai hai.

Akhirnya bisa ngumpulin niat buat posting cerita jalan-jalan sabtu kemarin nih, hiiiii. Jadi pas tanggal 14 April kemarin saya jalan-jalan ke Objek Wisata Banten Lama sama temen kantor.

Hari itu matahari sebenernya lagi nggak bisa diajak kompromi, tapi panas terik sama sekali nggak mengurangi niat saya buat jalan-jalan. Saya sendiripun nggak tau-menau lokasi tempat tujuan kali ini, tapi yasudahlah ngikut pak komandan saja. Daaan ternyata lokasinya itu nggak terlalu jauh, daerah keramat, sebelum masuk kota serang ..hmm sekitar 10 km dari pusat kota. Kenapa saya bilang nggak terlalu jauh mungkin karena memang pada dasarnya jalanan di kota ini cuma segaris doang jadinya kemana-mana juga berasa deket hihi. Jadi ternyata si Objek Wisata Banten Lama ini terletak di kecamatan Kasemen, Serang.

Perjalanan dari kosan menuju Objek Wisata Banten Lama ini ternyata cuma memakan waktu kurang lebih 20 menit lohh~

Lalu, sampailah kami ditempat tujuan..

..ini dia, OBJEK WISATA BANTEN LAMA

Memasuki gerbang selamat datang, hamparan sawah yang hijau menyambut kedatangan kami, kami disuguhi pemandangan persawahan di sepanjang perjalanan. Hijau. Subhanallah, indahnya~ Jalannya juga agak berliku-liku dan sempit sih tapi masih bisa dikatakan terawat. Diperjalanan juga saya melewati semacam danau yang saya sendiri lupa apa namanya, kondisinya memprihatinkan kalau saya bilang ..kotor dan tidak terurus.



Jadi ternyata Objek Wisata Banten Lama ini merupakan salah satu objek wisata kerajaan banten tempo dulu yang bernuansa islami dimana selain berkunjung untuk berwisata kita juga bisa berziarah ke makam-makam para sultan Banten beserta keluarganya. Begitu sampai di lokasi, kami melihat tembok-tembok yang terbuat dari tumpukan bata merah, katanya tempat itu bekas kediaman para sultan Banten, dikenal dengan keraton Surosowan. Namun sayangnya yang sampai saat ini bisa kita nikmati hanyalah sisa-sisa bangunan dengan benteng-benteng kokoh disekitarnya dan sayangnya lagi kita nggak bisa memasuki tempat itu, harus ada perijinan ini-itu untuk diperbolehkan masuk.

Akhirnya kita memilih masuk ke Museum Situs Kepubakalaan Banten Lama..

Didalam museum kami melihat-lihat berbagai mancam peninggalan sejarah, mulai dari gambar-gambar para pahlawan sampai para sultan Banten. Selain itu juga ada peninggalan-peninggalan berupa mata uang kuno, guci-guci, pedang, lukisan, baju adat dan banyak peninggalan lainnya sebagai suatu ciri bahwa peradaban kesultanan itu pernah ada..




Salah satu bangunan lain yang masih berdiri kokoh adalah Masjid Agung Banten Lama, berikut menara setinggi 23 meter. Masjid inilah yang paling terkenal di Situs Banten Lama dan selalu penuh sesak oleh para peziarah, terutama pada peringatan hari-hari besar Islam.
Gambar Masjid diambil dari atas menara

Bangunan bersejarah lain yang bisa dinikmati di lokasi ini adalah Jembatan Rante, yang terletak di depan Keraton Surosowan, tepatnya di sebelah utara Masjid Agung Banten Lama. Tapi saat itu kami tidak kesana berhubung adzan Dzuhur sudah berkumandang. Ada juga nih beberapa gambar yang saya ambil saat naik ke menara itu..






Reruntuhan bangunan keraton juga terlihat di bagian selatan Keraton Surosowan. Pada bagian depan terpancang papan bertuliskan ”Situs Keraton Kaibon”. Kami juga sempet kesini sih, sekalian aja masden mumpung disini, alasan saya. hihi. Kebetulan kita sama-sama suka cari objek buat foto-foto~

Aslinya bagus!







Daaaaan, sempet-sempetnya narsis juga nih mihihihi..


Rerflection~

Dari Keraton Kaibon, kami pergi lagi menuju Pelabuhan Karangantu. Katanya masden, disana itu kita bisa liat para nelayan yang masih pada pake alat-alat tradisional buat melaut. Daaaan ..ini diaaaaa!



Oh iya, sebelum sampai ke Pelabuhan Karangantu juga kami sempet berkunjung ke sebuah wihara, namanya Wihara Avalokitesvara. Jadi bukan hanya bangunan masjid, Kesultanan Islam Banten juga menyisakan bangunan wihara Buddha atau klenteng China. Konon katanya, wihara ini merupakan salah satu wihara tertua di Indonesia. Berhubung saat kami berkunjung sedang diadakan renovasi, jadi kondisi wihara saat itu lumayan berantakan, tapi tetap bersih! 




Hmmm.. sekian deh cerita jalan-jalan di Objek Wisata Banten Lama, tadinya sih masden ngajakin main ke sebuah danau di daerah sekitaran Kota Serang juga ..tapi berhubung waktu yang semakin sore sedangkan jarak ke tempat itu lumayan lama akhirnya kita putuskan buat pulang. Toh lagian malamnya kami mau Ke Hotel Permata Krakatau, nonton Stand Up Comedy. Hap!




Next time! See you! Bye.